Posted by TBM NURUL IMAN on Thursday, May 22, 2014
Promosi
berasal dari kata promote dalam
Bahasa Inggris yang diartikan sebagai mengembangkan atau meningkatkan. Promosi
adalah seni dan teknik untuk berhubungan dengan masyarakat, memperkenalkan
produk-produk yang dihasilkan pelayanan serta fasilitas yang disediakan agar
calon pengguna mengetahuinya (Kotler, 2003).
Secara rinci tujuan promosi
perpustakaan/TBM menurut Septiyantono (2003) adalah:
- Memperkenalkan fungsi perpustakaan/TBM
kepada masyarakat pemakai.
- Mendorong minat baca dan mendorong
masyarakat agar menggunakan koleksi perpustakaan/TBM semaksimal mungkin dan
menambah orang yang gemar membaca.
- Memperkenalkan pelayanan dan jasa
perpustakaan/TBM kepada masyarakat.
- Memberikan kesadaran masyarakat akan
adanya pelayanan perpustakaan/TBM dan menggunakannya, serta mengembangkan
pengertian masyarakat agar mendukung kegiatan perpustakaan/TBM.
- Memasyarakatkan slogan ”tak kenal maka
tak sayang”.
Ada beberapa cara yang dapat ditempuh pengelola dalam mempromosikan Taman Bacaan Masyarakat supaya dikenal oleh orang banyak. diantaranya memalui :
- Kartu anggota
-
Baju
- Gelas
- Payung
- Pin
- Leaflet
- Brosur
- Spanduk
- Poster
- Stiker
- Kalender
- Artikel pada majalah/koran
- Signboard
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan Taman Bacaan Masyarakat kepada masyarakat luas..
semoga tips tersebut dapat berguna. salam literasi..